Monday, September 24, 2018

Solder Uap

Salah satu alat elektronik yang belum banyak dikenal adalah solder uap. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah ulasannya.

Apa itu solder uap?

Alat elektronik ini merupakan alat elektronik yang banyak digunakan di dunia perbengkelan. Merupakan salah satu alat listrik yang dapat digunakan secara portable. Hal ini membuatnya memiliki sangat banyak kelebihan. Selain dapat digunakan di mana-mana, alat elektronik ini dilengkapi dengan hot air gun. Hot air gun ini bertugas menyemburkan udara seperti uap dengan tekanan dan temperatur yang tinggi untuk melumerkan timah yang diperlukan. Hal inilah yang menyebabkannya disebut dengan solder uap.

Fungsi dari solder uap

Selain memiliki manfaat untuk penyolderan pada umumnya, alat elektronik yang satu ini juga memiliki manfaat yang lain. Manfaat tersebut adalah :

·         Untuk membersihkan sirkuit elektronik yang kemasukan air sehingga mencegah terjadinya konslet

·         Untuk memasang dan mengangkat perangkat elektronik atau komponen elektronik yang memiliki ukuran yang kecil.

Fungsi dari alat elektronik ini sangat beragam karena di dalamnya ada 2 pengaturan, yaitu pengaturan tekanan dan juga pengaturan panas. Karenanya penggunaan dari alat elektronik ini dapat menjadi sangat luas. Untuk anda yang membutuhkan solder uap ini anda bisa memilih apakah akan menggunakan versi digital ataupun analog. Keduanya bekerja dengan efektif jika dilakukan dengan menggunakan trik yang tepat.

Cara menggunakan solder uap

Berikut ini adalah cara penggunaan solder uap.

1.     Penggunaan sebagai blower

Untuk anda yang membutuhkan solder ini untuk keperluan blower cara penggunaannya adalah dengan menghubungkan solder dengan tegangan sebesar 110 Volt hingga 220 Volt. Kemudian tekan tombol ON pada solder tersebut secara tegak lurus pada komponen yang anda inginkan.

2.     Penggunaan untuk solder

Untuk anda yang ingin menggunakan solder uap ini untuk menyolder, setelah anda menghidupkan alat elektronik seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan pada level pemanasannya. Untuk anda yang menggunakan solder digital anda dapat mengaturnya dengan menekan tombol up and down. Setelah panasnya cocok, maka solder sudah siap untuk digunakan.

No comments:

Post a Comment